Penanggulangan Kemiskinan Perlu Pusat Informasi Bersama

Penanggulangan Kemiskinan Perlu Pusat Informasi Bersama

Penaggulangan Kemiskinan Perlu Pusat Informasi Bersama
Asistensi pengelolaan dan pemanfaatan aplikasi PRC  (poverty resource center) di Bappeda Kota Banda Aceh, ( 27/5).Asistensi pengelolaan dan pemanfaatan aplikasi PRC (poverty resource center) di Bappeda Kota Banda Aceh, ( 27/5).

Banda Aceh-Koordinator SAPA, LSM SAPA (Strategic Alliance Poverty Alevation) Indonesia, Eko Putranto mengatakan bahwa PRC ini merupakan pusat informasi penanggulangan kemiskinan di daerah, fungsinya untuk memberikan informasi kepada publik terkait penanggulangan kemiskinan, mediasi antara masyarakat miskin dan penanggulangan kemiskinan.
?Atau mediasi bagi lembaga-lembaga yang akan menyalurkan dana yang dimilikinya, serta melakukan advokasi untuk mengatasi permasalahan akses warga miskin,? papar Eko.
Eko menjelaskan pembelajaran difokuskan kepada bagaimana tata kelola PRC berbasis IT serta praktek penginputan dan pengelolaan PRC. Namun, dalam perkembangannya dapat juga digunakan indikator-indikator pembangunan lainnya yang ingin dianalisa sesuai dengan kebutuhan.
Menurut dia, PRC dapat dijalankan dengan mengakses suatu aplikasi yang bernama Stat-Planet setelah sebelumnya dilakukan penginputan data dalam worksheet data excel yang nantinya akan dianalisis. Sedangkan, StatPlanet dan StatTrends kata Eko merupakan alat untuk memvisualisasi data secara interaktif dan juga sebagai alat untuk pemetaan.
?Dengan adanya alat analisis seperti ini akan membantu pihak terkait dalm pengelolaan data dan dapat diakses oleh siapa pun. Sehingga, jadi rekomendasi yang bagus bagi pihak terkait dalam pengambilan keputusan,?ujarnya.
Kegiatan asistensi pengelolaan dan pemanfaatan Poverty Resource Center (PRC) ini diprakarsai BAPPEDA Kota Banda Aceh, Rabu, (27/5) di Aula BAPPEDA Kota Banda Aceh. Para peserta terdiri dari para pengelola dan operator PRC dari beberapa daerah percontohan seperti, Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, dan Pidie Jaya, serta pengelola data dari beberapa instansi terkait (Disdikpora, Dinas PU, Dinsosnaker, Dinkes, Baitul Mal, dan BPM Kota.(siti)