Percayalah, Zakat Bikin Masyarakat Lebih Sejahtera

BANDA ACEH – Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh, Tgk Safwani Zainun dalam program Serambi Spiritual mengatakan, zakat mempunyai peran strategis dalam ekonomi masyarakat Aceh sehingga menyejahterakan masyarakat.

Kepala Baitul Mal Banda Aceh, bersama narasumber lainnya mengisi program dialog interaktif di Radio Serambi FM, Rabu (8/7)
Kepala Baitul Mal Banda Aceh, bersama narasumber lainnya mengisi program dialog interaktif di Radio Serambi FM, Rabu (8/7)

“Zakat itu pemasukan buat daerah, sehingga penyalurannya berdampak pada ekonomi masyarakat. Bila muslim sadar zakat, maka percayalah masyarakat kita pasti bakal sejahtera,” ujar Tgk Safwani, Rabu (8/7/2015) di studio SerambiFM.

Dia menyebutkan, keutamaan zakat bagi setiap muslim mencakup hubungan dengan Allah (hablun minallah) maupun hubungan sesama manusia (hablun minannas). “Dengan zakat kita bisa meniru sifat Arrahman dan Arrahim Allah, menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat. Zakat juga bentuk rasa syukur atas segala nikmat Allah,” jelas dia.

Tgk Safwani Zainun mengaku, banyak di antara masyarakat yang masih minim pengetahuan soal zakat. “Zakat itu sedekah yang wajib. Kedudukannya sama seperti shalat, puasa dan haji,” ujarnya.

Di samping sebagai bentuk syukur, Tgk Safwani menambahkan, zakat mengobati hati dari penyakit cinta dunia. “Cinta terhadap dunia tidak melebihi cinta terhadap akhirat,” katanya. Selain itu, zakat akan mensucikan harta seta menimbulkan kepekaan sosial.

Serambi Spiritual edisi Rabu (8/7/2015) mengangkat tema ” Tujuan dan Fungsi Zakat.” Hadir di studio SerambiFM, Kepala Baitul Mal Banda Aceh, Tgk Safwani Zainun dan dipandu host Nico Firza.

Program bedah masalah agama ini dihadirkan selama Ramadhan dari Senin-Jumat pada pukul 10.00-11.00 WIB dengan narasumber yang berbeda. Program interaktif ini merupakan kerjasama antara SerambiFM dan KWPSI, dan didukung oleh Bank Aceh Syariah. (SERAMBINEWS.COM)