1 Miliar ZIS Semester Pertama Dari Penyuluh

Salah seorang Penyuluh dan Pengumpul Zakat (kanan) menjemput Zakat dari pemilik usaha Kuliner (Canai Mamak)

Sebanyak 15 anggota Penyuluh dan pengumpul Zakat Infak dan Shadaqah (ZIS) Baitul Mal Kota Banda Aceh tahun 2017 semester pertama berhasil mengumpulkan ZIS sebanyak Rp. 1,016,703,958. ZIS yang diterima didapatkan dari berbagai sumber zakat yang ada di Banda Aceh. Umumnya merupakan zakat penghasilan dan zakat perniagaan yang kebanyakan telah mencapai haul pada bulan Ramadhan 1438 H. Para muzakki ada yang menyetor langsung ke counter Baitul Mal di jalanĀ  Malem Dagang No 40 Gp. Keudah Kuta Raja serta ada juga yang menggunakan layanan jemput zakat dengan menghubungi anggota penyuluh dan pengumpul ZIS Baitul Mal kota Banda Aceh.

Koordinator penyuluh dan pengumpul ZIS Baitul Mal Kota Banda Aceh Ahmad Zainul Abidin, S.Pd.I menjelaskan bahwa penerimaan ZIS selalu meningkat dalam bulan Ramdhan karena banyak yang menghitung ZIS dibulan ramadhan khususnya para pedagang. Ahmad menambahkan bahwa tahun ini juga terdapat muzakki-muzakki baru yang berzakat ke baitul Mal Kota Banda Aceh seiring semakin dipercayanya Baitul Mal sebagai lembaga resmi pengelola zakat milik pemerintah.

Selain mengumpulkan ZIS tupoksi penyuluh juga melakukan sosilisasi lapangan yang rutin dilkakukan dalam rangka peningkatan kesadaran berzakat kepada lembaga resmi serta menggali potensi ZIS dalam masyarakat Kota Banda Aceh. Sampai dengan bulan Juni 2017 penyuluh berhasil menlakukan pendataan menacapai 550 calon muzakki yang tersebar di hampir seluruh kecamatan. Kedepan penyuluh dan pengumpul ZIS baitul Mal Kota Banda Aceh akan terus menggiatkan sosialisasi ZIS di berbagai sektor khususnya pedagang dan lembaga vertikal yang beroperasi di Kota Banda Aceh.