“Jangan Pinjam Modal Pada Rentenir”

Walikota dan wakil Walikota Banda Aceh foto bersama Penerima modal usaha kecil.

Hal ini diungkapkan oleh walikota Banda Aceh Aminullah Usman, SE, Ak. MM disela-sela penyerahan simbolis modal usaha kecil kepada masyarakat miskin dihalaman Baituil Mal Banda Aceh (13/12/2017). “Praktek rentenir sangat dilarang dalama agama, hal ini perlu dihindari oleh para pengusaha yang bermodal kecil. Disisi lain perbankan juga tidak akan membantu modal usaha dengan kapasitas kecil, maka Baitul Mal Kota Banda Aceh telah mengambil peran yang cukup tepat dalam rangka Pengembangan usaha masyarakat miskin kota banda aceh”. Tambah walikota dalam arahannya.

Hal serupa juga disampaikan kepala Baitul Mal Banda Aceh Safawani Zainun. Menurutnya pemberian modal usaha kepada masayarakat miskin ini dalam rangka “menghantam” rentenir yang menyusahkan pelaku usaha kecil warga Kota.

Walikota Banda Aceh didampingin Wakil Walikota Menyerahkan secara simbolis modal usaha kecil kepada Masyarakat miskin,

Baitul Mal Banda Aceh tahun 2017 meberikan modal usaha kecil kepada masyarakat yang memiliki usaha sebanyak 274 pelaku usaha dalam berbagai bidang usaha yang ditekuni, masing-masing pelaku usaha ini diberikan modal sebesar Rp. 3.000.000. Dalam acara penyerahan simbolis yang dihadiri juga Wakil Wali Kota Banda Acaeh Drs. H. Zainal Arifin serta ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadhilah, MM beserta ketua komisi di DPRK, turut hadir juga Dewan Pengawas Syariah Baitul Mal Kota Banda Aceh serta para Camat dan kepala Dinas.

Penyerahan Beasiswa

Sebelumnnya (12/12/2017) Baitul Mal Banda Aceh juga menyerahkan zakat produktif kreatif berupa beasiswa setengah penuh kepada 100 orang siswa jenjang SMP/MTs yang lolos hasil survey sebelumnya oleh tim dari Baitul Mal Kota Banda Aceh. Beasiswa ini diberikan selama tiga tahun masa pendidikan di jenjang SMP/MTs.

Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh sedang meyerahkan Beasiswa setengah Penuh kepada siswa miskin.

Acara penyerahan yang berlangsung di mesjid Jamik Keudah Kecamatan Kuta Raja ini juga dihadiri oleh orang tua siswa. Dalam arahannya kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh Safwani Zainun menekankan bahwa pentingnya belajar secara giat kepada seluruh siswa yang mendapatkan beasiswa. Safwani juga menambahkan bahwa pentingya peran orang tua dalam mengarahkan anak untuk belajar secara optimal.

Masih berkaitan dengan penyaluran beasiswa produktif kreatif, Senin/11/12/2017 Baitul Mal juga menyerahkan beasiswa  miskin untuk jenjang SD/MI/ SMP/MTs/MA seluruh Kota Banda Aceh. Masing-masing siswa mendapatkan Rp. 400.000 untuk SD/MI, Rp.500.000 untuk SMP/MTs dan Rp. 600.000 untuk MA. Beasiswa yang diambil langsung oleh kepala sekolah yang bersangkutan ke Baitul Mal Kota Banda Aceh.

Penyaluran Beasiswa merupakan agenda penting dalam program penyaluran ZIS di Baitul al Kota Banda Aceh. Zakat produktif kreatif dalam bentuk beasiswa sebagai upaya mencerdaskan generasi kedepan menuju generasi gemilang terutama siswa yang berasal dari kalangan masyarakat kurang mampu Kota Banda Aceh. —syawal