UPZ Terima Pengembalian ZIS

Salah Satu Bendahara dari Puskesmas Sedang Menerima Pengembalian Zakat.

Sebanyak 45 SKPK, Tujuh lembaga vertikal, 11 Puskesmas serta lebih 50 lembaga pendidikan yang berzakat pada Baitul Mal Kota Banda Aceh Kamis, 04 Januari 2018 menerima pengembalian Zakat sebanyak 17 % dari keseluruhan zakat yang ditunaikan oleh instansi tersebut dalam tahun 2016. Penyerahan dilakukan bertahap sampai beberapa hari kedepan.

Pengembalian ini merupakan agenda rutin setiap tahun dilakukan oleh Baitul Mal Kota Banda Aceh. Zakat yang dikembalikan sebanyak 17 % tersebut diterima langsung oleh Bendahara masing-masing Unit Pengumpul Zakat (UPZ) pada instansi terkait.

Kepala Sub Bagian Keuangan dan Program Baitul Mal Kota Banda Aceh Syukri Fahmi menyebutkan pengembalian zakat sebanyak 17 % digunakan sesuai dengan ketentuan dari Dewan Pengawas Syariah (DPS) Baitul Mal Banda Aceh. Dimana 2 % untuk amil UPZ sedangkan 15 % digunakan untuk berbagai senif yang belum terakomodir oleh Baitul Mal seperti fakir miskin yang berada di sekitar Instansi bersangkutan.

Tahun 2016 pengembalian zakat untuk UPZ mencapai 1,5 M. Hasil penyaluran dari setiap UPZ akan dikirim ke Baitul Mal Kota Banda Aceh sebagai bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana zakat. –syawal–