Ketentuan Takaran Zakat Fitrah Untuk Banda Aceh Tahun 2018

Ilustrasi Zakat Fitrah

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kantor Kementerian Kota Banda Aceh tahun ini kembali mengeluarkan edaran tentang Zakat Fitrah tahun 1439 H/2018 M. Surat edaran ini sesuai dengan hasil rapat koordinasi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh, Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama Kota Banda Aceh, Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh, Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh dan Kabag Keistimewaan dan Kesra kantor Walikota Banda Aceh yang berlangsung pada tanggal 04 Juni 2018 bertempat di Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh.

Surat edaran ini juga merujuk kepada hasil survey harga beras di pasaran dalam bulan Ramadhan 1438 H, serta fatwa Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Provinsi Aceh Nomor 13 Tahun 2014 tanggal 16 Oktober 2014 tentang Zakat Fitrah dan Ketentuan-Ketentuannya, Maka ditetapkanlah kadar Zakat Fitrah tahun ini sebagai berikut:

  1. Kadar Zakat Fitrah adalah 1 Sha’ atau 10 kaleng susu isi 397 gram atau 3,1 liter atau 1,5 (satu setengah) bamboo +1 genggam atau 2,8 kilogram untuk setiap jiwa.
  2. Bagi yang mengeluarkan Zakat Fitrah dalam bentuk harga (uang) sesuai dengan Mazhab Hanafi, maka kadar 1 Sha’ adalah 3,8 kilogram sesuai dengan harga beras yang dikonsumsi oleh masing-masing keluarga. Bila yang dikonsumsi:
  • Beras tipe I, seperti: Beras Piring Nasi, Yusima Super Brand, PTN atau sejenisnya maka besaran zakatnya 51.000,- untuk setiap jiwa.
  • Beras tipe II, seperti: Beras Aladin, Ramos, dan Tangse atau sejenisnya maka besaran zakatnya 43.000,- untuk setiap jiwa.
  • Beras tipe III, seperti: Beras Blang Bintang, Keumala dan sejenisnya makas besaran zakatnya 40.000,- untuk setiap jiwa.
  • Beras tipe IV, seperti: Beras local non polis, Dolog dan sejenisnya maka besarn zakatnya 34.000,- untuk setiap jiwa.

3.  Dihimbau kepada amil, agar tidak mencampuradukkan beras yang kualitas tipe I dengan kualitas tipe II,III, dan IV sehingga hilangnya kualitas beras-beras tersebut.

Demikianlah isi dari surat edaran yang diterima oleh Kantor Baitul Mal Kota Banda Aceh yang merupakan Lembaga Resmi Zakat Pemerintah Kota Banda Aceh. Namun demikian Baitul Mal Kota Banda Aceh lebih konsen dalam penerimaan Zakat Mal, sehingga masyarakat Kota Banda Aceh yang ingin menunaikan Zakat Fitrah dianjurkan melalui Amil Gampong atau Baitul Mal Gampong masing-masing. (KamaL)