Banda Aceh Siapkan Mall Pelayanan Publik (MPP)

Kepala Baitul Mal Dan Kepala Sekretariat Baitul Mal Kota Banda Aceh Bersama Tim dari Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banda Aceh

Selasa, 10 Juli 2018. Baitul Mal Kota Banda Aceh Dikunjungi oleh tim dari Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banda Aceh dalam rangka tindak lanjut penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik (MPP) yang digagas Pemerintah Kota Banda Aceh. Tim yang diwakili Kepala Seksi Pengolaan Data, Pelaporan, Perizinan dan Nonperizinan  Tiara Sutari Ar, S.STP. Tim diterima langsung Ketua Baitul Mal Kota Banda Aceh dan Kepala Sekretaris Baitul Mal Kota Banda Aceh.

Kepala Sekretariat Baitul Mal Kota Banda Aceh Ida Friatna, M.Ag Menjelaskan bahwa berdasarkan surat dari Walikota Banda Aceh Aminullah Usman menyebutkan bahwa berdasarkan kunjungan tim ini Baitul Mal Kota Banda Aceh Akan menempatkan sebuah Desk atau Counter Pelayanan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) yang dipusatkan di Pasar Aceh Shoipping Center Lt III.

Salah Satu Mall Pelayanan Publik DKI Jakarta. foto dok. Kompas

“Baitul Mal Kota Banda Aceh akan mengambil tempat untuk konsultasi ZIS di Mall Pelayan Publik (MPP) ini, Kita akan buka desk untuk membayar zakat serta konsultasi zakat di pasar Aceh Shopping Center lantai III” lanjut Ida Friatna, M.Ag diruang kerjanya.

Seperti diberitakan sebelumnya Walikota Banda Aceh Aminullah Usman berkoordinasi dengan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Jakarta serta melakukakn studi banding ke beberapa daerah yang telah menerapkan Mall Pelayan Publik (MPP) seperti Jakarta, Bayuwangi dan Batam. Dari hasil studi banding tersebut Banda Aceh awal 2019 akan menerapkan Mall Pelayanan publik (MPP) dalam rangka keterpaduan pelayan kepada masyarakat dan dunia usaha.

Baitul Mal Juga mengambil peran dalam konsep ini guna lebih dekat kepada muzakki khususnya pedagang yang berjualan diseputaran Pasar Aceh dan sekitarnya. Dengan harapan dapat memudahkan layanan jemput zakat serta konsultasi Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) yang mudah dan bagah—syawal—