Pelatihan Penggunaan Aplikasi SIMBA

Peserta Pelatihan Aplikasi SIMBA Serius Mengikuti Pelatihan Di Aula SMP 9 Banda Aceh./foto Dok BMK

Selasa, 17 Juli 2018 bertempat di Aula Sekolah Menengah Pertama (SMP) 9 Banda Aceh sejumlah pegawai Baitul Mal Kota Banda Aceh yang terdiri dari Penyuluh dan Pengumpul Zakat, Pegawai Sekretariat dan Badan Pelaksana Baitul Mal Kota Banda Aceh mengikuti pelatihan penggunaan Aplikasi Sistem Manajemen informasi BAZNAS (SIMBA).

Mulkan Fadhil, ST.MT Kasubbid Harta Agama Baitul Mal Kota Banda Aceh bertindak sebagai Mentor dalam pelatihan tersebut memaparkan berbagai informasi dari aplikasi tersebut. “kedepan seluruh data muzakki dan data mustahik akan kita input dalam satu sistem”. Jelas Mulkan dalam pembukaannya.

Mulkan Fadhil Sedang Memaparkan Presentasinya dalam Pelatiahan Penggunaan Aplikasi SIMBA.(foto BMK)

“aplikasi ini akan memudahkan proses penerimaan ZIS pada bagian pengumpulan serta pelaporannya, Kedepan muzakki dapat melihat keadaan transaksi zakat yang ditunaikannya”. Tambah Mulkan dalam presentasinya.

Koordinator Penyuluh dan Pengumpul Zakat Baitul Mal Kota Banda Aceh Azhari, S.HI menjelaskan bahwa aplikasi ini sangat penting bagi penyuluh dan pengumpul zakat dalam rangka keterpaduan seluruh data yang ada.”seluruh penyuluh nantinya akan langsung menginput data muzakki dalam sistem SIMBA ini sehingga muzakki dapat melihat perkembangan zakatnya secara berkala”. Jelas Azhari.

Aplikasi ini akan terus dimaksimalkan dalam rangka keterbukaan informasi mengenai data zakat. Aplikasi ini pada dasarnya adalah aplikasi dari BAZNAS pusat serta dikembangkan oleh Baznas daerah melalui lembaga resmi zakat daerah. Aplikasi SIMBA ini juga bisa diakses melalui smart phone sehingga memudahkan akses bagi seluruh pengguna atau muzakki. —syawal—