Baitul Mal Kota Banda Aceh Edukasi Masyarakat melalui Media Radio

Kabid Pengumpulan beserta Penyuluh Baitul Mal Kota Banda Aceh menjadi narasumber dalam talkshow Radio Rumoh PMI

Kabid Pengumpulan Baitul Mal Kota Banda Aceh Tgk. Awaluddin, S.Pd.I, M.Pd, M.MLs beserta Penyuluh/Pengumpul zakat Mustafa Kamal, S.Pd.I hadir dalam Talkshow Interaktif di Radio Rumoh PMI bertemakan “Peran Lembaga Baitul Mal Kota Banda Aceh Dalam Kehidupan Sosial” yang berlangsung Kamis, 1 November 2018.

Talkshow ini di Pandu Lia sebagai Host berlangsung selama satu jam dari pukul 11.00 wib s/d 12.00 WIB, beragam tanggapan dan pertanyaan muncul dari pendengar baik via telpon maupun via nomor Whatsapp, diantaranya pertanyaan dari warga Neusu yang bertanya mengenai bagaimana hukum berzakat via transfer ATM atau antar Bank yang tidak dilakukan melalui akad”, juga ada penelpon yang bernama Akbar asal Lambaro yang menanyakan tentang “bagaimana cara menghitung zakat perhiasan yang dipakai”, di samping itu melalui aplikasi pesan Whatsapp juga muncul beberapa pertanyaan diantaranya “apakah semua profesi wajib mengeluarkan zakat”, “bolehkan memberikan zakat kepada non-muslim?”  dan beberapa pertanyaan lainnya.

Semua pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan dalam sesi tanya jawab ini dijawab dengan sangat lugas secara bergantian oleh kedua narasumber dari Baitul Mal Kota Banda Aceh. Disetiap jawaban kedua narasumber selalu menghimbau kepada masyarakat yang sudah masuk dalam kategori muzakki (wajib zakat) untuk menyalurkan zakatnya melalui Lembaga resmi pemerintah yaitu Baitul Mal Kota Banda Aceh sehingga semakin banyak zakat yang terkumpul semakin banyak zakat yang bisa didistribusikan tidak hanya sekedar charity yang sifatnya konsumtif tetapi juga berorientasi pada pengembangan (development) yang memberdayakan umat serta menyentuh tatanan  kehidupan sosial masyarakat Banda Aceh sesuai dengan visi dan misi Pemko Banda Aceh yang gemilang dalam bingkai syariat. (KamaL)