Baitul Mal Kota Banda Aceh Salurkan Rp. 4,5 M Zakat Konsumtif

Walikota Menyerahkan secara Simbolis Zakat Senif Fakir Kepada Salah Satu Penerima.

Bertempat di halaman kantor Walikota Banda Aceh Sabtu, 25 Mei 2019, Baitul Mal Kota Banda Aceh Menyalurkan zakat untuk 7.000 lebih penerima zakat (mustahiq). Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Walikota Banda Aceh Aminullah Usman. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Walikota Banda Aceh Zainal Arifin serta pimpinan Forkopimda Kota Banda Aceh, perwakilan Bekangdam IM, Perwakilan Deninteldam IM, Perwakilan Polresta Kota Banda Aceh dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh Safwani Zainun menyebutkan jumlah penerima zakat pada penyaluran puncak bulan Ramadhan mencapai 7.000 lebih mustahiq. “Untuk fakir miskin mencapai 2.500 Kepala Keluarga, Miskin 3.600 Kepala Keluarga, Anak Yatim Miskin 500 orang, petugas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota berjumlah 600 orang dan penyandang disabilitas 65 orang” rinci Safwani Zainun dihadapan Para Undangan.

“Total Penyaluran mencapai 7.265 penerima zakat dengan jumlah dana zakat yang disalurkan  Rp. 4,5 M” Tambah Safwani Zainun.

Walikota Banda Aceh Aminullah Usman dalam arahannya menyampaikan pentingnya berzakat melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh sehingga penyaluran menjadi lebih baik kepada penerima zakat, “Kita berharap semua perkantoran, perbankan, dan perusahaan yang beroperasi di kota Banda Aceh dapat menunaikan zakatnya melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh”. Harap Walikota

Penerima Zakat dari Kecamatan Lueng Bata Memperlihatkan Uang Zakat Yang Diterimanya Didepan Walikota Banda Aceh Aminulah Usman.

“Kedepan apabila semua berpartisipasi melalui Baitul Mal Kota zakat yang kita berikan kepada penerima zakat bisa lebih besar jumlahnya”. Tambah Walikota. Aminullah Usman juga meyampaikan zakat yang dikumpulkan melalui Baitul Mal Kota telah digunakan untuk berbagai program seperti pembangunan rumah fakir miskin, pemberian pelatihan kerja serta beasiswa.

Penyaluran zakat dalam bulan Ramadhan adalah penyaluran terbesar nilainya mengingat kebutuhan masyarakat kurang mampu dibulan ini meningkat. Terlebih menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H, Berbagai penyaluran zakat konsumtif dilakukan dalam bulan Ramadhan.

Diharapkan kepada wajib zakat yang berada dalam kota Banda Aceh untuk menunaikan zakatnya melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh sebagai lembaga resmi pemerintahan, sehingga pengeloaan zakat menjadi lebih berdaya guna dan bermamfaat bagi mustahiq Kota Banda Aceh. Baitul Mal Kota Banda Aceh memiliki penyuluh dan Pengumpul zakat yang siap dipanggil ketempat untuk menghitung potensi zakat dan konsultasi tentang zakat.—sy–