Penyuluh Zakat Sosialisasi ZIS di Kantor RUPBASAN

Sosialisasi Zakat Di Kantor Rupbasan Kelas I Banda Aceh

Bertempat di kawasan Gampong Jeulingke Kecamatan Syiah Kuala Rabu, 25 September 2019 Tim Penyuluh Profesional Baitul Mal Kota Banda Aceh melakukan sosialisasi Zakat di Kantor Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara (RUPBASAN) Kelas I Banda Aceh. Acara yang dihadiri kepala Kantor RUPBASAN Muhidfuddin, SH, dan seluruh Karyawan Kantor  RUPBASAN.

Hadir sebagai pemateri salah satu Penyuluh Profesional Baitul Mal Kota Banda Aceh Ustaz Wahyu Mimbar, M.Ag, Dalam paparannya Ustaz Wahyu Mimbar menekankan pentingnya kewajiban berzakat apabila telah mencukupi syarat. “Kewajiban zakat diberlakukan pada tahun kedua hijrah, dan ini menjadi modal awal umat islam untuk berdaya secara ekonomi”. Tegas Ustaz Wahyu didepan seluruh karyawan RUPBASAN.

“Berkaitan dengan zakat profesi maka syaratnya sampai haul dan nishab, nishabnya setara dengan 94 gram emas atau kurang lebih 28 manyam emas” tambah Ustaz Wahyu.

kepala Kantor RUPBASAN Muhidfuddin, SH mengungkan rasa terima kasih kepada Tim penyuluh zakat yang telah hadir untuk melakukan sosialisasi Zakat, Infaq dan Shadaqah di kantor RUPBASAN. “Ini akan menjadi pengetahuan baru bagi seluruh pegawai kantor RUPBASAN terutama terhada zakat penghasilan mareka dari pegawai kantor RUPBASAN”

Antusiasme peserta sosialisasi terlihat saat dibuka sesi tanya jawab, berbagai pertanyaan muncul seperti gaji yang belum sampai nishab, banyaknya potongan kredit serta penggabungan gaji dengan tunjangan kerja lainnya.

“Gaji saya Rp. 6.000.000 tetapi setelah potongan kredit dan sebagainya gaji saya minus Rp. 200.000, ini bagaimana Ustaz”. Tanya Jailani salah satu pegawai Kantor RUPBASAN disambut tawa pegawai lainnya.

Sosialisasi ZIS kepada lembaga merupakan agenda rutin Penyuluh dan Pengumpul Zakat Baitul Mal Kota Banda Aceh. Lembaga-lembaga yang berada dibawah kementerian misalnya menjadi tujuan dari sosialisasi zakat. Diharapkan dengan sosialisasi ini termotivasi para pegawai untuk menunaikan zakatnya pada lembaga resmi Baitul Mal Kota Banda Aceh.—sy–