Baitul Mal Kota Banda Aceh dalam Infographics BAZNAS

Foto Dok. Ig @simbaznas

Baitul Mal Kota Banda Aceh patut berbangga karena dalam rilis yang dikeluarkan oleh Baznas melalui akun resmi media sosial Instagram Simbaznas  (@simbaznas) 15 Oktober 2019, Baitul Mal Kota Banda Aceh merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota se Aceh yang telah mengumpulkan laporan kinerja tahun 2018. Data tersebut bersumber dari Sistem Manajemen Informasi Baznas (SIMBA).

Operator SIMBA Baitul Mal Kota Banda Aceh Mulkan menjelaskan bahwa Baznas mengumpulkan seluruh laporan kinerja tahunan BAZNAS seluruh Indonesia. Laporan kinerja tahun 2018 yang disajikan oleh Simbaznas merangkum seluruh laporan dari berbagai wiayah seluruh Indonesia. “Dari rilis yang dimuat oleh Simbaznas ada dua sumber laporan yang dimuat, laporan yang bersumber dari Pos atau email dan laporan yang bersumber dari SIMBA. Untuk Baitul Mal Kota Banda Aceh sendiri laporan bersumber dari BAZNAS”. Ujar Mulkan di Baitul Mal Kota Banda Aceh.

“Sistem SIMBA ini cukup komplit guna penyimpanan data secara nasional oleh Baznas serta pelaporan dapat dilakukan dengan mudah dan bersifat real time online, ini memudahkan kita untuk mengaksesnya”. Jelas Mulkan.

Sistem Manajemen Informasi Baznas (SIMBA) adalah sebuah platform yang dibangun Baznas tahun 2012 untuk keperluan penyimpanan data dan informasi Baznas secara Nasional. Baitul Mal Kota Banda Aceh sendiri dalam dua tahun terakhir telah menggunakan aplikasi tersebut secara masif untuk berbagai pengelolaan data zakat meliputi penerimaan serta penyaluran yang tersajikan secara online dan dapat diakses kapanpun oleh pengguna.. –sy–