BMK Banda Aceh Berpartisipasi Dalam Survei Indeks Zakat Nasional

BANDA ACEH – Baitul Mal Kota Banda Aceh ikut berpartisipasi dalam Survei  Indeks Zakat Nasional (IZN) , yang diadakan oleh Badan Zakat Nasional (Baznas). Baitul Mal Kota telah menyelesaikan Survei Indeks Zakat Nasional tersebut pada tanggal 12 Oktober 2020.

Komisioner Baitul Mal Kota Banda Aceh Divisi Perencanaan, Keuangan dan Pelaporan, Abdul Munir menjelaskan bahwa, Indeks Zakat Nasional (IZN) adalah wujud dari keseriusan untuk mentranformasi zakat agar selalu menuju kearah yang lebih baik. 

Survei ini dilakukan kepada para mustahik, si penerima manfaat, dengan mengumpulkan data atau informasi terkait keadaan sosial, ekonomi, keluarga mustahik penerima bantuan zakat seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan, kegiatan ibadah dan pengeluaran keluarga.

“Apa yang kita lakukan ini adalah bentuk kerjasama kita dengan Baznas dalam rangka perkembangan pengelolaan zakat di Indonesia pada umumnya dan di Aceh khususnya. Kita harapkan kerja sama ini akan terus terlaksana dan berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya,” ucapnya.

Menurut Abdul Munir, pentingnya survei kaji dampak zakat ini sebagai bentuk pertanggungjawaban BAZNAS terhadap sejauh mana manfaat  dana zakat yang telah disalurkan kepada mustahik memberikan kebermanfaatan dan peningkatan kesejahteraan. IZN diharapkan mampu menjadi indikator yang dapat memberikan gambaran sejauh mana zakat telah berperan terhadap kesejahteraan mustahik, dan juga dapat menunjukkan pada tahap apa institusi zakat telah dibangun, baik secara internal kelembagaan, partisipasi masyarakat, maupun dari sisi dukungan yang diberikan pemerintah.

Ia menambahkan, survei IZN ini juga dikuti oleh lembaga amil zakat (Baznas/Baitul Mal) di seluruh Indonesia baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sehingga dengan demikian diharapkan bisa menjadi sebuah ukuran standar yang dapat dipakai oleh regulator, lembaga zakat, dan juga masyarakat dalam mengevaluasi perkembangan zakat secara nasional.(MR)