BMK Gali Potensi Zakat Perdagangan Dari Usaha Meubel

BMK Gali Potensi Zakat Perdagangan Dari Usaha Meubel

Selasa, 17/03/2020, Sebagai Ibu Kota Provinsi, Banda Aceh memiliki berbagai unit usaha yang terus mengalami perkembangan. Selain warung kopi yang kian menjamur, usaha mebel yang berjejer di jalan Tentara Pelajar Gampong Merduati kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh juga menjadi potensi zakat perdagangan.

Salah satu pengusaha mebel yang berjualan di jalan Tentara Pelajar merduati Tibran Yusuf menyebutkan usaha mebel merupakan usaha keluarga yang sudah berjualan selama puluhan tahun lalu. ?Saya dan keluarga secara rutin membayar zakat melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh dari usaha mebel?. Ujar Tibran yang merupakan keluarga besar dari Pemilik usaha Mebel Meurah Raya.

Azhari, Penyuluh Zakat Profesional yang bertugas di Kecamatan Kuta Raja menjelaskan bahwa usaha mebel yang berada di Kecamatan Kuta Raja merupakan yang terbanyak dibandingkan dengan kecamatan lain.?Sepanjang jalan Merduati merupakan tempat usaha mebel atau furniture, kendati ada pedagang etnis Tionghoa namun potensi zakat perdagangan di jalan ini cukup besar?. Ungkap Azhari di ruang Penyuluh Zakat BMK.

Kepala Sekretariat BMK Akbar Mirza menjelaskan bahwa kesadaran berzakat pedagang Kota Banda Aceh melalui BMK terus ditingkatkan oleh Tenaga Penyuluh Zakat BMK. ?Penyuluh Zakat BMK selalu melakukan sosialisasi di lapangan terutama kepada pedegang dan lembaga-lembaga. Karena banyak pedagang yang menunaikan zakat perdagangan ke kampung halaman?. Ujar Akbar Mirza.

?BMK selalu mengedukasi masyarakat khusunya kalangan pedagang, kita mengajak pedagang menjadi muzakki BMK sehingga zakatnya dapat disalurkan tepat sasaran dan berdaya guna untuk muzakki?. Tambah Akbar Mirza. (SY)