Dua Warga Banda Aceh Terima Rumah Bantuan Baitul Mal Kota

Dua Warga Banda Aceh Terima Rumah Bantuan Baitul Mal Kota

BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menyerah­kan secara simbolis dua unit rumah bantuan bagi warga fakir miskin, Selasa (3/11/2020). Rumah tipe 36 plus tersebut diserahkan kepada Syamsidar, seorang warga Gampong Ilie, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh dan Adli, warga Gampong Geucue Kayee Jato, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh.

Turut hadir mendampingi Wali Kota, Kepala Sekretariat Baitul Mal Kota Banda Aceh, Wahyudi, Komisioner Baitul Mal Kota Banda Aceh, Asqalani dan jajaran, Camat Ulee Kareng, Akbar Mirza, Keuchik Ilie, M Nur, unsur muspika dan warga setempat.

Aminullah dalam sambutannya mengatakan, rumah bantuan terse­but merupakan salah satu upaya untuk lebih menyejahterakan warga kota, khususnya yang berekonomi lemah.

“Alhamdulillah, pada hari ini kita kembali menyalurkan bantuan rumah kepada warga Kota Banda Aceh melalui zakat yang terkumpul oleh Baitul Mal Kota. Semoga rumah yang kita serahkan ini bermanfaat bagi beliau beristirahat, beribadah dan berteduh senyaman mungkin bersama keluarga,” ujarnya.

Ia berharap, semua ini menjadi amal jariyah bagi para muzakki, yaitu warga Banda Aceh yang turut memberikan uluran tangannya kepada sesama.

“Kita berharap, untuk bisa terus membangun rumah bagi setiap warga Banda Aceh yang membutuhkan. Oleh karenanya kami mengajak, bagi warga Banda Aceh yang mempunyai kelebihan untuk mulai berzakat ke Baitul Mal. Kita ingin para muzakki ini lebih banyak lagi, sehingga kita bisa terus membangun rumah bagi setiap warga Banda Aceh yang membutuhkan,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Badan Baitul Mal Banda Aceh, Asqal­ani mengatakan rumah duafa tersebut dibangun menggunakan dana zakat yang terhimpun selama 2019. “Dari dana zakat 2019 kita membangun baru sebanyak 19 unit dan renovasi satu unit,” sebutnya

Asqalani menjelaskan, selama kepemimpinan Wali Kota Aminullah Usman, dalam kurun waktu tahun 2017-2019 pihaknya tel­ah membangun baru 63 unit rumah dan 19 unit rumah direnovasi.

“Kalau diurut lagi sejak 2013 hingga 2019, kita telah membangun 160 rumah dan 69 renovasi. Totalnya ada 229 unit rumah yang telah kita bantu,” katanya seraya mengucapkan terima kasih kepada para muzakki.

Sementara Syamsidar, salah satu penerima rumah tampak begitu terharu saat menerima kunci rumah dari Wali kota. Ia tak kuasa menahan isak tangis, ia mengucapkan terima kasih kepada para muzakki, Wali kota,Baitul Mal, Muspika, perangkat desa, dan pihaknya lainnya.(MR)