Menjelang Ramadhan, 6.652 Mustahiq Terima Zakat Konsumtif

Menjelang Ramadhan, 6.652 Mustahiq Terima Zakat Konsumtif

Senin, 13/04/2020 – Bertempat di halaman Baitul Mal Kota (BMK) Banda Aceh Walikota Banda Aceh Aminullah Usman menyerahkan secara simbolis zakat senif fakir dan miskin yang diterima langsung oleh perwakilan penerima dari setiap kecamatan kota Banda Aceh. Turut hadir dalam acara tersebut ketua BMK beserta anggota, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Banda Aceh, Kabag Isra Kota Banda Aceh, Perwakilan Kemenag Kota Banda Aceh, Camat Kecamatan Kuta Raja, Kechik Gampong Keudah dan seluruh karyawan BMK.
Tahun 2020 BMK menyalurkan zakat konsumtif dengan penerima sebanyak 6652 dengan rincian Fakir 2.464 penerima, miskin 3.594 penerima, dan Fakir Uzur sebanyak 594 penerima. Ketua BMK Asqalani dalam laporannya menyebutkan menjelang Ramadhan 1441 H. BMK menyalurkan zakat sebanyak Rp. 4 M lebih untuk fakir, miskin dan beasiswa tahfidh luar negeri. ?Penyerahan zakat tahun ini kita percepat mengingat dalam kondisi darurat wabah covid 19?. Ujar Asqalani dihadapan Walikota Banda Aceh.

Walikota Banda Aceh Aminullah Usman dalam arahannya mengharapkan BMK selalu hadir untuk membantu masyarakat yang membutuhkan terutama ditengah pandemic Covid 19. ? Zakat yang dihimpun dari berbagai sumber bisa kita gunakan untuk membantu ribuan masyarakat Kota Banda Aceh. Yang kita undang ini hanya untuk simbolis saja karena sedang darurat wabah covid 19 maka yang lain akan diantar langsung kerumah penerima?. Ujar Walikota Banda Aceh.
?Kepada penerima agar menggunakan dana ini untuk keprluan keluarga jangan gunakan untuk yang lain, utamakan untuk keluarga?. Harap Aminullah didepan penerima.
?Kita juga berharap kepada masyarakat untuk menyetorkan zakatnya kepada BMK, sehingga semakin banyak yang bisa kita bantu?. Tambah Walikota

Diakhir arahannya Walikota mengajak masyarakat untuk selalu jaga jarak dan menggunakan masker disaat berada diluar rumah guna menekan penyebaran virus corona.

 

Serahkan Santunan Faqir Uzur
Setelah acara penyerahan simbolis dihalaman kantor BMK Walikota Banda Aceh Aminullah Usman langsung menuju salah satu rumah Fakir Uzur. Khairunnas (72 tahun) warga Gampong Peulanggahan kecamatan Kuta Raja.

Walikota Banda Aceh Aminullah Usman Menyerahkan Zakat Secara Simbolis Kepada Fakir Uzur di Gampong Peulanggahan Kecamatan Kuta Raja Banda Aceh. (Foto BMK/MK)

Khairunnas berlinang air mata menyambut kedatangan orang nomor satu Kota Banda Aceh. Aminullah Usman menyerahkan secara langsung zakat senif fakir uzur kepada Khairunnas. Dalam kesempatan tersebut Walikota Banda Aceh Aminullah Usman juga menyerahkan kursi roda kepada Khairunnas yang mengalami sakit kaki dan tidak bisa berjalan.

Seluruh kegiatan penyaluran ini diharapakan menjadi momentum untuk mengkampayekan zakat kepada Masyarakat menjelang Ramadhan 1441 H. (SY)