Walikota Serahkan 11 Unit Rumah Bantuan Baitul Mal Kota

Walikota Serahkan 11 Unit Rumah Bantuan Baitul Mal Kota

BANDA ACEH –  Walikota Banda Aceh, H. Aminullah, S.E, Ak, M.M  menyerahkan secara simbolis rumah bantuan  keluarga fakir miskin yang bersumber dari dana zakat tahun 2020  untuk Nurma, warga Lambhuk, Kecamatan Ulee Kareng dan Faridah warga Pango Kecamatan Ulee Kareng,  Selasa (19/1/2021) . Pada kesempatan yang sama pula, Walikota juga menyerahkan sembilan unit rumah bantuan Baitul Mal Kota yang dibangun tahun lalu yang bersumber dana zakat tahun 2019, sehingga Selasa kemarin, total rumah yang diserahkan oleh Walikota, Aminullah sejumlah 11 unit rumah kepada warga yang berhak menerimanya.

“Semoga rumah ini bermanfaat bagi keluarga ini, sebagai tempat tinggal, beristirahat dan beribadah yang nyaman, sehingga ibu pun bisa lebih tenang dalam mencari rezeki dan dapat menjadi tempat bersilaturrahmi dengan saudara dan tetangga,” ujar Aminullah.

Aminullah menjelaskan, penyerahan rumah bantuan dari dana zakat tahun 2019 baru dapat diserahkan sekarang karena covid 19, mengingat, selama pandemi covid 19 adanya larangan untuk keramaian. "Maka oleh karenanya, pada hari ini di tahun 2021 atas nama Baitul Mal Kota Banda Aceh, para muzakki melalui saya selaku Walikota Banda Aceh menyerahkan sebelas unit rumah sekaligus. Adapun rinciannya adalah, sembilan rumah yang sudah selesai pembangunannya pada tahun lalu dari dana zakat tahun 2019 dan dua unit rumah yang dibangun dengan dana zakat tahun 2020," papar Aminullah.

Senada dengan Walikota, Aminullah, Ketua Badan Baitul Mal Kota BandaAceh, Asqalani, S.TH, MH didampingi Kepala Sekretariat, Wahyudi, S.STP, M.Si mengatakan, Baitul Mal Kota telah menyelesaikan pembangunan rumah yang bersumber zakat dari para muzakki di Kota Banda Aceh ini. Nantinya, satu per satu rumah tersebut akan diserahkan secara simbolis oleh Walikota Banda Aceh. 

"Hari ini adalah penyerahan perdana rumah bantuan bagi keluarga fakir miskin yang bersumber dari dana zakat tahun 2020. Kami mengucapkan terimakasih kepada para muzakki yang telah memilih menunaikan zakatnya dan mempercayakan Baitul Mal Kota Banda Aceh. Kami berupaya semaksimal mungkin untuk bisa lebih banyak lagi masyarakat yang kami bantu. Hal ini selaras dengan visi misinya Pak Wali dalam pengentasan kemiskinan dan pengangguran di Kota Banda Aceh Geumilang ini," ucap Asqalani.

Ia juga mengatakan, program pembangunan rumah bantuan keluarga fakir miskin ini juga akan terus berlanjut. Untuk tahun 2021 ini, Baitul Mal Kota juga akan membangun 20 unit rumah lagi.

Sementara itu, Faridah Warga Pango Kecamatan Ulee Kareng, dengan terisak mengucapkan ribuan terimakasih kepada Walikota Banda Aceh, juga kepada para muzakki yang telah menyetor zakat infaq dan shadaqahnya ke Baitul Mal Kota Banda Aceh, sehingga dengan dana tersebut dapat membangun rumah yang layak ditempatinya bersama keluarga. "Semoga akan ada Faridah-Faridah lainnya yang mendapat bantuan dari Baitul Mal Kota. Saya hanya bisa mengucapkan ribuan terimakasih, hanya Allah lah yang dapat membalas semua kebaikan bapak-ibu sekalian. Saya doakan agar Pemerintah Banda Aceh dan para muzakki diberikan keberkahan umur dan rezeki," demikian Faridah.(MR)