Baitul Mal Kota Banda Aceh Salurkan Zakat Fakir Uzur Triwulan I

Baitul Mal Kota Banda Aceh Salurkan Zakat Fakir Uzur Triwulan I

BANDA ACEH - Kebahagiaan tampak terpancar dari raut wajah para lanjut usia di Kota Banda Aceh. Terimakasih terucapkan seakan doa yang dipanjatkan para orang tua uzur ini kepada penguasa Kota Banda Aceh.

Program zakat untuk fakir uzur yang telah berjalan lama di Baitul Mal Kota Banda Aceh ini sungguh sangat menyentuh hati mereka, apalagi kali ini penyaluran zakat untuk senif ini menjelang Lebaran Idul Fitri, lengkap sudah kebahagiaan yang mereka rasakan.

“Kami sangat berharap program ini terus berlanjut. Ini sangat membantu kami para orang tua yang tidak bisa bekerja lagi,”kata Nek Tunem warga Lampaseh Aceh, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh ini.

Doa yang sama juga terucap dari mulut Nek Sapiah Amin, warga Geucu Kayee Jato, Kecamatan Banda Raya tak henti-hentinya ia mendoakan para tenaga professional Baitul Mal Kota Banda Aceh agar terus diberikan kesehatan sehingga dapat bekerja dengan baik lagi, Ia juga berharap agar Baitul Mal Kota Banda Aceh terus mempertahankan program zakat untuk fakir uzur ini, sehingga para orang tua uzur di Banda Aceh dapat merasakan langsung bantuan dari Pemerintah Kota.

“Alhamdulillah zakat ini kami terima sebelum hari raya, sehingga membantu kami membeli daging meugang dan kebutuhan Hari Raya,” ucap Nek Sapiah dengan mata berkaca.

Plh. Ketua Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Muzakkir Hanka menyebutkan, penyaluran zakat senif faqir uzur ini merupakan program regular BMK, yang disalurkan setiap tiga bulan sekali dengan jumlah uangnya sebesar Rp 1.200.000 per orang.

“Alhamdulillah penyaluran pada tahun 2021 untuk bulan Januari-Maret, baru kita salurkan pada bulan ini bertepatan pada penghujung Ramadhan. Oleh karenanya kami mengerahkan ke-15 tenaga professional Baitul Mal Kota Banda Aceh agar penyalurannya dilakukan sebelum malam Idul Fitri, hal ini kami inginkan para orang tua kami ini bisa menikmati uang ini untuk membeli daging meugang dan keperluan Idul fitri,” kata Muzakkir Hanka.

Sementara Kepala Sekretariat Baitul Mal Kota Banda Aceh, Wahyudi, S.STP, M.Si menyebutkan total anggaran penyaluran fakir uzur untuk triwulan pertama pada tahun 2021 mencapai Rp 720 juta, dan setiap tahunnya sekitar Rp 2 miliar lebih anggaran yang diplotkan untuk bantuan senif faqir uzur ini. “Dalam waktu dekat kami juga akan menyalurkan zakat untuk beasiswa setengah penuh pelajar SMP/sederajat, beasiswa santri dayah dan lainnya,” tutup Wahyudi.(MR)