162 TPA/TPQ se-Banda Aceh Terima Dana Operasional Dari Baitul Mal Kota

162 TPA/TPQ se-Banda Aceh Terima Dana Operasional Dari Baitul Mal Kota

BANDA ACEH - Sebanyak 162 TPA/TPQ se-Banda Aceh menerima dana operasional yang bersumber dari zakat Baitul Mal Kota Banda Aceh. Zakat senif fi sabilillah untuk TPA/TPQ diserahkan oleh Ketua Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Asqalani, S.TH, M.H dan Anggota Badan, Drs. Hj. Aisyah M. Ali, M.Pd dan Kasubbag Pengelola Informasi, Teknologi, Muslim, SE di Masjid Jamik Keudah Banda Aceh, Selasa (22/12/2020).

"Tahun ini ada sekitar 162 TPA/TPQ yang kita bantu dengan jumlah dana yang kita salurkan sebesar Rp 405 juta untuk para ustaz dan ustazah yang mengajarkan mengaji dan keagamaan untuk generasi muda kota ini. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Bapak Walikota Banda Aceh menjadikan kota tercinta ini sebagai Kota Gemilang dalam Bingkai Syariah dari sisi agama, ekonomi dan pendidikan," kata Asqalani. 

Disamping berharap agar dana yang disalurkan itu dipergunakan sebaik mungkin, Asqalani juga berharap pengurus TPA/TPQ menjadi penyambung lidah Baitul Mal Kota untuk melakukan sosialisasi dan mengajak warga Banda Aceh yang mempunyai kelebihan agar menyalurkan zakat hartanya ke Baitul Mal Kota Banda Aceh.

Asqalani juga menyebutkan, total zakat senif fi sabilillah yang disalurkan tahun ini Rp 2,4 miliar itu dibagikan sebesar Rp 2,5 juta untuk TPA/TPQ, operasional mushalla Rp 3 juta, majelis taklim Rp 2,5 juta, tajhiz mayat Rp 2,5 juta, dan operasional masjid Rp 5 juta.

Mudah-mudahan bisa semakin banyak orang yang berzakat ke Baitul Mal Kota, apabila terjadi  peningkatan pengumpulan zakat, maka akan semakin banyak jumlah yang bisa kita salurkan zakatnya kepada penerima zakat (Mustahiq)," harapnya.(MR)