Baitul Mal Kota Banda Aceh Terima Rp 500 Juta Zakat Karyawan Bank Aceh Syariah

Baitul Mal Kota Banda Aceh Terima Rp 500 Juta Zakat Karyawan Bank Aceh Syariah

PT Bank Aceh Syariah menunaikan zakat karyawannya melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh (BMK) sebesar Rp 500 juta.

Penyerahan zakat tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman yang diterima Ketua Badan Baitul Mal Banda Aceh Asqalani didampingi Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di kantor pusat Bank Aceh Syariah, Batoh Jumat (22/04/2022).

Ikut hadir Anggota Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh Aisyah M. Ali, Suria Darma dan Muzakir Hanka. Dalam sambutannya Asqalani mengungkapkan rasa terima kasih kepada Bank Aceh Syariah yang masih mempercayakan Baitul Mal Kota untuk menerima amanah zakat karyawannya. Selain itu ia juga menambahkan dengan bertambahnya jumlah zakat, semoga angka kemiskinan di Aceh dan Kota Banda Aceh khususnya dapat menurun.

“Dengan meningkatnya jumlah zakat, mudah-mudahkan jumlah fakir miskin tidak meningkat. Oleh karena itu perlu ada strategi bersama dari kita agar dapat memberdayakan mereka agar setiap tahun tidak menjadi mustahik zakat namun juga bisa menjadi muzakki” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota dalam sambutannya juga mengatakan bahwa  peningkatan jumlah zakat yang disalurkan ke Baitul Mal merupakan buah dari komitmen Bank Aceh yang sangat peduli pada lingkungan sosial.

“Bank Aceh setiap tahun mengalami peningkatan yang signifikan, banyak sekali kepedulian sosial yang diberikan oleh Bank Aceh melalui program CSR dan Baitul Mal menjadi lembaga tempat Bank Aceh menyalurkan zakatnya.”

Ia juga menambahkan bahwa Selama ini Baitul Mal menjadi tempat penyaluran zakat yang amanah dan transparan. Hal ini terbukti karena telah beberapa kali mendapat penghargaan dari BAZNAS sebagai pengelola dan pengguna zakat yang tepat sasaran.

Sementara itu Direktur Utama PT Bank Aceh Haizir Sulaiman mengatakan bahwa setiap tahun Bank Aceh memotong langsung zakat karyawannya untuk menunaikan zakat penghasilan.

“Untuk tahun ini, kita menyerahkan zakat sebesar 1 Miliar rupiah untuk Baitu Mal Provinsi dan 500 Juta rupiah untuk Baitul Mal Kota Banda Aceh. Ini merupakan zakat karyawan yang rutin kami salurkan setiap tahunnya. Untuk tahun ini ada peningkatakan jumlah zakat dari sebelumnya 700 juta menjadi 1 Miliar untuk Baitul Mal Provinsi dan 400 Juta meningkat menjadi 500 juta untuk Baitul Mal Kota Banda Aceh”

Ia mengungkapkan besar harapannya agar zakat yang dititipkan ke Baitul Mal dapat disalurkan kepada penerima yang berhak. (MW)