Baitul Mal Terima Kunjungan DPRD Kabupaten Langkat

Baitul Mal Terima Kunjungan DPRD Kabupaten Langkat

 

Baitul Mal Kota Banda Aceh menerima kunjungan kerja Anggota DPRD Kabupaten Langkat, di Aula kantor BMK (Senin, 11/10/2021).

Kehadiran rombongan ini disambut baik oleh Ketua Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Asqalani S.Th, MH, Kepala Sekretariat Wahyudi S. STP, M.si dan didampingi oleh anggota badan antara lain Aisyah M. Ali M,Pd, Suria Darma, S.Pd.I, Muzakir Hanka, S.Ag dan Abdul Munir Amd.

Membuka pertemuan, anggota komisi B DPRD Kabupaten Langkat Risa Lela Sari mengatakan tujuan mereka datang adalah untuk menggali ilmu mengenai tata kelola Baitul Mal Kota Banda Aceh agar bisa disinergikan dengan Kabupaten Langkat. Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri oleh ketua komisi B DPRD Kabupaten Langkat Sandrak Herman Manurung S.Sos, wakil ketua komisi B Ismed Barus dan anggota lainnya.

Ketua Badan Baitul Mal Asqalani mengawali sambutan dengan penjelasan mengenai landasan hukum mengenai terbentuknya Baitul Mal Kota Banda Aceh yang diatur dalam Undang Undang Pemerintah Aceh.

“Zakat menjadi sumber pendapatan daerah dan dikelola oleh Baitul Mal Aceh dan Baitul Mal Kabupaten Kota. Kelembagaan ini sifatnya koordinatif. Kemudian tata laksana berikutnya di atur dalam Qanun Aceh” ujarnya.

Menanggapi penjelasan tersebut salah seorang anggota DPRK Langkat juga mengajukan pertanyaan mengenai stuktur lembaga, kegiatan program dan pengelolaan dana oleh Baitul Mal Kota Banda Aceh.

Kepala Sekretariat Wahyudi juga memberikan tanggapan mengenai program yang dilaksanakan bedasarkan aturan agama dan aturan pemerintah serta pengelolaan dana zakat juga diperiksa oleh lembaga pemeriksa keuangan setiap tahunnya.

Diskusi berlangsung hidup dengan banyak pertanyaan yang diajukan oleh anggota DPRK Langkat dan seluruh pertanyaan dijawab secara bergantian oleh anggota badan sesuai bidangnya masing-masing.

Acara ditutup dengan penyerahan plakat oleh anggota DPRD Kabupaten Langkat  kepada Baitul Mal Kota Banda Aceh serta foto bersama sekaligus pemberian cinderamata dari Baitul Mal Kota Banda Aceh. (MW)