Aminullah Usman 'Saweu' Santri Dayah Darussalam Labuhan Haji

Aminullah Usman 'Saweu' Santri Dayah Darussalam Labuhan Haji

BANDA ACEH – Walikota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE, Ak, MM dan isteri, Hj. Nurmiati AR, serta rombongan Baitul Mal Kota Banda Aceh terdiri atas Ketua Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Asqalani, STH, MH dan Anggota Badan, Dra. Hj. Aisyah M. Ali S. Pd, M. Pd, serta staf Sekretariat Baitul Mal Kota, dan turut hadir pula Tenaga Profesional, Mahfud SE, Jumat (19/2/2021) melakukan kunjungan silaturahmi dan monitoring santri asal Banda Aceh yang sedang menuntut ilmu di Pesantren Darussalam Al-Waliyah, Labuhan Haji, Aceh Selatan. Rombongan tiba di lokasi pesantren usai melaksanakan shalat Jumat disambut oleh Abuya Mawardi Waly Al-Khalidy, MA selaku Pimpinan Pondok Pesantren.

“Alhamdulillah atas kehendak Allah saya sudah sampai ke sini untuk jak saweu aneuk-aneuk kamoe. Perlu diketahui saya bersama Baitul Mal Kota Banda Aceh akan terus berjuang untuk berbuat apa saja demi kepentingan masyarakat, terutama untuk anak-anak kami di sini. Ke-17 anak-anak kami adalah bukti konkretnya,  maka kami terus berupaya yang terbaik untuk anak-anak kami ini,” kata Aminullah dalam sambutannya.

Ia juga mengatakan, kedatangannya juga untuk memotivasi para santri agar menjadi generasi yang berakhlakul karimah, serta memiliki kecerdasan intelektual. Menurut  Aminullah, hal ini sesuai dengan visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah, pembangunan Kota Banda Aceh ke depan akan diisi oleh generasi-generasi yang berkarakter Qurani.

“Kami berharap, anak-anak ini menjadi kader terbaik Banda Aceh di masa depan. InsyaAllah kami akan terus berjuang memberikan dukungan untuk kebutuhan pendidikan selama di pesantren,” ujar Aminullah seraya mengaku sangat bahagia bisa mengunjungi para santri tersebut.

Sementara itu, Ketua Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Asqalani mengatakan kunjungan tersebut menunjukkan komitmen dari Wali kota dalam rangka merealisasikan visi Banda Aceh Gemilang dalam Bingkai Syariah. Santri yang menempuh pendidikan di Labuhan Haji itu diberikan beasiswa penuh oleh Baitul Mal yang bersumber dari dana zakat yang terkumpul dari ASN, Pedagang, Pengusaha dan orang-orang kaya yang berada di Banda Aceh.

"Program beasiswa santri Labuhan Haji ini sudah kami salurkan sejak tahun 2014. InsyaAllah bila lebih banyak lagi orang yang berzakat ke Baitul Mal, maka akan lebih banyak lagi santri yang kami bantu. Untuk saat ini ada sekitar 17 santri yang berasal dari Banda Aceh yang sedang menimba ilmu di dayah ini dan akan kami bantu sampai mereka menyelesaikan masa belajarnya," demkian Asqalani.(MR)