Jajaki Kerjasama, PosPay jadi Alternatif Baru Bayar  ZIS

Jajaki Kerjasama, PosPay jadi Alternatif Baru Bayar ZIS

BANDA ACEH - Baitul Mal Kota Banda Aceh dan PT Pos Area Aceh melakukan pertemuan dalam rangka penjajakan kerjasama pembayaran Zakat, Infak, dan Sedekah bisa dibayar melalui Aplikasi PosPay. Kunjungan silaturahmi ini berlangsung di Aula Kantor PT Pos Area Aceh, Rabu (7/9/2022). Dalam pertemuan tersebut dihadiri dari perwakilan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Anggota Badan Baitul Mal Kota, Muzakkir Hanka, S. Ag, Abdul Munir, S. Kom, dan Suria Darma, S. Pd. I, turut serta perwakilan Tenaga Profesional, Fithriani, S. HI, dan Masyitah Rivani, S. Sos. I

Executive General Manager PT Pos Aceh, Nur Zamaludin mengatakan, ada keinginan dari PT Pos untuk menjadikan Baitul Mal Kota Banda Aceh mendunia, seperti Baznas, Laznas, dengan menggunakan aplikasi PosPay. PosPay adalah E-wallet yang didalamnya banyak menu pembayaran yang sangat membantu pengguna untuk melakukan transaksi melalui handphone saja.  

Beragam kemudahan layanan keuangan digital dapat dinikmati pengguna POSPAY. Mulai dari pembayaran berbagai tagihan bulanan seperti listrik pascabayar, pajak, belanja online, tagihan telepon, tagihan handphone, PDAM, cicilan kendaraan bermotor, BPJS, Tiket KAI, bimbel online Ruang Guru, pembelian pulsa telco, listrik prabayar/token, hingga transaksi layanan syariah seperti zakat, infaq, shodaqoh, wakaf, dan kurban.

“PosPay saat ini sudah digunakan oleh 3 juta penggunanya. insyaAllah nanti diharapkan adanya peningkatan pengumpulan ZIS Baitul Mal dari hasil kerjasama ini. Kesepakatan yang paling penting adalah begitu uang tersimpan di PT Pos, uang tidak ada biaya administrasi, hanya ada biaya operasional yang nantinya akan kita sepakati berapa persen,” terang Nur Zamaludin.

Manager Penjualan Ritel Kurlog dan Kemitraan, Roland Bijaksono menambahkan, sementara untuk menunggu penandatanganan MoU, PT Pos berkeinginan untuk menempelkan QRIS Baitul Mal di setiap loket agen PosPay Canvassing. Selama ini mobilitas orang yang datang ke PT Pos untuk melakukan transaksi sangat tinggi. “Mungkin di sini kita juga bisa menawarkan orang untuk berzakat ke Baitul Mal Kota Banda Aceh, karena selama ini yang sudah ada Baznas, Laznas dan ini semua punya nasional,” tuturnya.

Executive General Manager PT Pos Aceh, Nur Zamaludin pada pertemuan itu didampingi oleh Manager Penjualan Korporat Kurlog, Akmal Aminuddin, Manager Pemasaran Jaskug, Syofiar, Manager Penjualan Ritel Kurlog dan Kemitraan, Roland Bijaksono, dan Novi Widiastuti, Asman Pemsar Jaskug PT Pos Aceh.

Sementara Perwakilan Baitul Mal Kota Banda Aceh, Muzakkir Hanka mengatakan Kerjasama ini jalan yang sangat baik untuk membangun sinergitas ke depan.

“Namun, kerjasama ini harus dibuat dalam bentuk MoU dan kami berharap PT Pos dapat segera melayangkan surat resmi ke Pemko Banda Aceh.  Tentunya kami akan terus mengawal sampai mencapai kesepakatan seperti yang kita inginkan,” papar Muzakkir.

Sementara itu, Suria Darma menimpali, perlu dilakukan upaya untuk meminimalisir biaya operasional. “InsyaAllah kerja sama ini akan segera terwujud dan bernilai ibadah. Masalah pembiayaan yang dikenakan berapa persen nantinya, saya pikir ini perlu diupayakan untuk diminimalisir. Upaya ini untuk antisipasi dan untuk menjaga kepercayaan daripada Muzakki,” ucap Suria.(MR)