Walikota Resmikan ATM Beras Bervitamin Bulog, Diperuntukkan kepada 100 Orang

Walikota Resmikan ATM Beras Bervitamin Bulog, Diperuntukkan kepada 100 Orang

BANDA ACEH - Perum Bulog Aceh bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) meluncurkan ATM Beras Sehat Fortivit di Kantor  Baitul Mal Kota Banda Aceh. Acara ini merupakan bentuk kerjasama ketiga lembaga tersebut. Beras FortiVit ini akan diserahkan kepada 100 orang penerima manfaat yang berada di Kota Banda Aceh. Senin (15/3/2021) Walikota Banda Aceh, H Aminullah SE Ak MM, meresmikan sekaligus menyerahkan beras Fortivit tersebut kepada tiga penerima sebagai simbolis.
 
Walikota Aminullah dalam sambutannya mengatakan, merasa bangga karena Baitul Mal Kota Banda Aceh dipercayakan oleh Perum Bulog Aceh untuk bekerjasama dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Banda Aceh dengan memberikan beras sehat dan bervitamin untuk keluarga miskin di Banda Aceh.
 
"Sebagaimana diketahui bersama, kebutuhan beras merupakan kebutuhan sangat mendasar bagi masyarakat kita. Kami sangat berterimakasih kepada Bulog Aceh karena telah memilih lembaga Baitul Mal kami sebagai lembaga yang menyalurkan kembali infaq beras karyawan/karyawati Bulog. Di Aceh, Baitul Mal Banda Aceh merupakan lembaga yang mendapatkan kesempatan kerjasama ini," sebut Aminullah.
 
Senada dengan Walikota, Plh Ketua Badan Baitul Mal Kota, Muzakkir Hanka, S.Ag mengatakan, kerjasama ini diharapkan terus berlanjut tidak hanya untuk 100 penerima namun juga akan lebih banyak lagi yang dapat menerimanya.
 
"Sebelumnya kita akan mendata terlebih dulu, warga mana saja yang kurang mampu dan yang berhak menerima manfaat ini, kita berikan beras secara gratis dan mengambil sendiri di ATM Beras ini. Mekanisme pengambilannya yang telah kami atur adalah warga kurang mampu penerima manfaat ini akan mendapatkan sebanyak 5 kilogram beras sekali ambil,” katanya.
 
Sedangkan Pimpinan Bulog Kanwil Aceh, Irsan Nasution mengatakan sejalan dengan maqashid (tujuan) syariah yakni berzakat, infaq dan shadaqah, Bulog Aceh ingin keberadaannya membawa manfaat untuk masyarakat termasuk masyarakat kurang mampu. 
 
“Dengan ATM Beras Sehat ini Bulog Aceh ingin meringankan beban masyarakat kurang mampu melalui penyediaan beras sebagai bahan makanan pokok,” ujarnya.
 
Ia menyebutkan, untuk kerjasama pertama ini pihaknya akan mengisi ATM Beras Sehat ini dengan kapasitas beras sebanyak 2 ton beras.  
 
"Beras ini merupakan produksi terbaru yang mengandung kandungan vitamin yang sangat baik untuk daya tahan tubuh dan pencegahan stunting. Untuk kedepannya, Bulog dan Baitul Mal akan terus membangun kerja sama untuk menyalurkan infaq beras bervitamin Fortivit ini agar masyarakat miskin turut merasakan manfaatnya," jelas Irsan.
 
Adapun untuk penerimanya, Irsan menjelaskan, para penerima atau calon penerimanya ini adalah yang ditetapkan oleh Baitul Mal Kota Banda Aceh. “Jadi bagi mustahik yang sudah ditetapkan oleh Baitul Mal Kota dan yang sudah terdaftar ini nantinya dapat mengambil beras di ATM Beras ini hanya dengan menggunakan kartu ATM Beras atau KTP elektronik,” tutupnya.
 
Acara launching ATM Beras Sehat Fortivit ini turut disaksikan oleh Ketua Dewan Pengawas Baitul Mal Kota Banda Aceh, Drs Anwar, Anggota Badan, Hj. Aisyah M. Ali, S.Pd, M.Pd, Suria Darma, S.Pd.I, Abdul Munir, A.md, Kepala Sekretariat Baitul Mal, Wahyudi S.STP, M.Si, Manager Representative Area BSI, Hilwasi, serta jajaran pegawai Pemerintah Kota Banda Aceh lainnya.(MR)