Pra Sosialisasi Pembentukan Baitul Mal Gampong, Baitul Mal Banda Aceh Kunjungi Gp. Keudah dan Gp. Pande

Pra Sosialisasi Pembentukan Baitul Mal Gampong, Baitul Mal Banda Aceh Kunjungi Gp. Keudah dan Gp. Pande

Banda Aceh - Tim perencanaan, monitoring dan evaluasi Baitul Mal Kota Banda Aceh mengunjungi kantor Keuchik Gampong Keudah dan Gampong Pande Kecamatan Kuta Raja, Jumat (22/07/2022).

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Anggota Badan Bmk Banda Aceh Abdul Munir S.Kom dan tiga tenaga profesional divisi perencanaan, monitoring dan evaluasi

Abdul munir dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk memudahkan tim pada saat pelaksanaan kegiatan sosialisasi penguatan kelembagaan Baitul Mal Gampong yang akan diadakan dalam waktu dekat ini.

“Proses penguatan kelembagaan BMG ini dikelola oleh imuem gampong sebagai ketua BMG dan dibantu oleh keuchik Gampong dan Tuha Peut sebagai Dewan Penasehat. Berdasarkan Qanun Aceh Nomor 3 Tahun 2021 penguatan kelembagaan ada tiga yaitu BMA, BMK dan BMG. Ketiga lembaga ini memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengelola ZIS, harta agama, wakaf dan lain sebagainya. Dana yang diterima oleh BMG akan tetap dikelola oleh BMG dan laporan kegiatan disampaikan kepada BMK. Kemudian untuk aturan-aturan terkait Zakat, Infaq, Sedeqah dan harta agama lainnya harus dibuat Reusam,” sebut Munir. 

Menanggapi hal tersebut pj Keuchik Gampong Keudah Yuswanda Yusri, SE, MM menyambut baik kegiatan yang akan dilakukan oleh baitul mal kota banda aceh.

“Kami sangat mengapresiasi kunjungan atau silaturrahmi dari BMK dan mendukung adanya pendampingan untuk BMG. Saat ini Baitul mal gampong keudah hanya menghimpun dana zakat fitrah saja dan untuk kedepannya akan menghimbau kepada warga untuk membayar zakat mal juga" sebutnya. 

Hal serupa juga disampaikan oleh keuchik Gampong Pande Deo Fiscia Erjiansyah yang mengatakan akan terus berkoordinasi dengan BMK dan siap untuk dilakukan pendampingan agar BMG lebih baik lagi kedepannya.

Menutup pertemuan kedua pihak sepakat untuk melakukan kerja sama dalam hal pembinaan, koordinasi lebih lanjut mengenai kelembagaan dan stuktur organisasi serta tata kerja Lembaga Baitul Mal Gampong.

Reporter : Husna

Editor : Mawaddah