Siap Berkolaborasi dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat, Baitul Mal Isi Kegiatan Kementerian Agama Kota Banda Aceh

Siap Berkolaborasi dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat, Baitul Mal Isi Kegiatan Kementerian Agama Kota Banda Aceh

Banda Aceh – Dalam rangka mewujudkan pelayanan yang berkualitas, Kantor Kementerian Agama (KUA) Kota Banda Aceh mengadakan kegiatan Capasity Building Revitalisasi KUA se-Kecamatan Kota Banda Aceh di Kuala Village Lamdingin Restauran (Jumat 29/07/22).

Acara tersebut menghadirkan Anggota Badan Baitul Mal Kota Banda Aceh Suria Darma S.Pd.I sebagai pemateri.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Plt. Kemenag kota Banda Aceh Dr. Aida Rina Elisiva, B.Acc, MM, Kasi Bimas Islam H.Zulkarnaini S.Ag MA dan seluruh Kepala KUA se- Kecamatan yang ada di Wilayah Kota Banda Aceh.

Dalam sambutannya, Aida mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk merevitalisasi peran KUA dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelayan masyarakat, termasuk dalam hal pemberdayaan Ekonomi umat.

Sementara itu Suria Darma memaparkan materi dasar mengenai pengetahuan tentang ZISWAF serta program pemberdayaan Ekonomi umat yang telah terlaksana di BMK Banda Aceh.

“Baitul Mal Banda Aceh memiliki beberapa program untuk meningkatkan perekonomian umat seperti program modal usaha dan pelatihan lifeskill, program ini  ini bertujuan untuk mensejahterakan mustahik. Tentu dalam pelaksanaanya perlu koordinasi dan sinergisitas antara pihak terkait serta stakeholder untuk bekerja sama dan bersinkronisasi secara komprehensif untuk mencapai tujuan program yang lebih maksimal”. Jelas Surya

Dalam proses diskusi yang berlangsung hangat dan menarik salah seorang peserta juga mengusulkan untuk melibatkan tenaga penyuluh yang ada di KUA untuk pendampingan spiritualitas maupun manajerial penerima manfaat atau mustahik dalam program pemberdayaan ekonomi umat.

Menanggapi hal tersebut pihak Baitul Mal Kota Banda Aceh menyambut baik rencana yang diusulkan dan akan menindaklanjuti proses kerja sama tersebut. (MW)